RSS

Ujian Matrikulasi Pengertian Dasar Lingkungan

07 Jan
  •   Apa yang dimaksud dengan Pembangunan Berkelanjutan?

Konsep Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development) dipopulerkan melalui laporan WCED berjudul “Our Common Future” (Hari Depan Kita Bersama) yang diterbitkan pada 1987. Laporan itu mendefinisikan Pembangunan Berkelanjutan sebagai pembangunan yang memenuhi kebutuhan generasi saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Ada empat syarat yang harus dipenuhi bagi suatu proses pembangunan berkelanjutan :

a)      Menempatkan suatu kegiatan dan proyek pembangunan pada lokasi yang secara ekologis

b)      Pemanfaatan sumberdaya terbarukan (renewable resources) tidak boleh melebihi potensi lestarinya serta upaya mencari pengganti bagi sumberdaya tak-terbarukan (non-renewable resources)

c)       Pembuangan limbah industri maupun rumah tangga tidak boleh melebihi kapasitas asimilasi pencemaran.

d)      Perubahan fungsi ekologis tidak boleh melebihi kapasitas daya dukung lingkungan (carrying capacity)

Pembangunan Berkelanjutan adalah upaya sadar dan terencana yang memadukan aspek lingkungan hidup, social dan ekonomi ke dalam strategi pembangunan untuk menjamin keutuhan lingkungan hidup serta keselamatan, kemampuan, kesejahteraan, dan mutu hidup generasi masa kini dan generasi masa depan (UU No.32 th 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup).

  •  Jelaskan Prinsip-prinsip Ekosistem, Sietem Ekologi Alam dan Ekologi Industri!

a) Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Prinsip Ekosistem terdiri dari komponen biotik, abiotik dan culture, saling berinteraksi dan saling interdependensi, yaitu setiap bagian sistem akan tergantung pada bagian yang lainnya, dalam ekosistem hubungan saling ketergantungan ini terjadi pada siklus energi, rantai makanan, dan siklus biogeologi.

b) Sistem Ekologi Alam, hubungan antara mahluk hidup dengan lingkungannya. Pembahasan ekologi alam tidak lepas dari pembahasan ekosistem dengan berbagai komponen penyusunnya , yaitu faktor abiotik dan biotik. Faktor biotik antara lain suhu, air, kelembapan, cahaya, dan topografi, sedangkan faktor biotik adalah makhluk hidup yang terdiri dari manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroba. Ekologi alam juga berhubungan erat dengan tingkatan-tingkatan organisasi makhluk hidup, yaitu  ecosfer, ekosistem, komunitas, populasi, organisme/individu yang saling mempengaruhi dan merupakan suatu sistem yang menunjukkan kesatuan.

c) Sistem Ekologi Industri, pembahasan tentang masalah sistem industri, aktivitas ekonomi dan hubungannya dengan sistem ekologi alam, yang biasanya digerakkan oleh energi matahari, ekosistem, termasuk di dalamnya hubungan mutualisme antar berbagai jasad renik dan lingkungan sekitarnya dimana terjadinya pertukaran material melalui suatu siklus. Tujuan utamanya adalah untuk mengorganisasi sistem industri sehingga diperoleh suatu jenis operasi yang ramah lingkungan dan berkesinambungan. mengutamakan penggunaan sumberdaya alam yang dapat diperbaharui dan mengurangi penggunaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui serta mengoptimasikan sumber daya yang ada dan juga meminimalkan emisi, meminimalkan jumlah aliran bahan dan energi, mereuse, merecycle, meminimalkan timbulnya limbah.

  • Jelaskan tentang Zona Toleransi dan Zona Pembatas serta contoh!

a) Zona Toleransi adalah suatu rentang toleransi yang dipunyai suatu spesies terhadap kondisi lingkungan, dimana pada rentang ini spesies tersebut masih dapat bertahan hidup. Contoh : suatu ikan yang hidup pada ekosistem air sungai, misalnya  mempunyai zona toleransi terhadap suhu air sungai antara 15-350C. Maka jika suhu air sungai dibawah 150C ikan akan mati, begitu juga bila suhu air sungai diatas 350C. Ikan hanya akan bertahan hidup apabila suhu air sungai  antara 15-350C yang merupakan zona toleransi ikan.

b) Faktor Pembatas adalah salah satu faktor kehidupan suatu spesies dimana bila tidak terpenuhi baku mutunya, maka spesies akan punah. Contoh : ikan yang hidup pada ekosistem air sungai mempunyai beberapa faktor kehidupan. Diantaranya makanan, suhu air, kandungan oksigen air, kadar polutan air dsb. Misalnya makanan yang didapat ikan cukup, suhu air sesuai zona toleransi, air sungainya bersih tidak ada polusi, akan tetapi kandungan oksigen air dibawah baku mutu. Maka ikan tersebut tidak dapat bertahan hidup.

  • Jelaskan Fungsi Ekosistem pada system kehidupan !

Menjaga keseimbangan, karena unsur – unsur ekosistem saling terjadi hubungan timbal balik membentuk keseimbangan kehidupan. Didalam ekosistem terjadi siklus energy, rantai makanan, dan siklus biogeologi. Jika fungsi ekosistem tersebut tidak berfungsi, maka keseimbangan kehidupan akan terganggu. Keseimbangan kehidupan dapat terganggu bila terjadi perubahan berupa pengurangan fungsi dari komponen atau hilangnya sebagian komponen yang dapat menyebabkan putusnya mata rantai dalam ekosistem.. Fungsi utamanya adalah Penyedia sumber daya alam, digunakan utk proses produksi dan konsumsi serta Penyedia jasa kenyamanan untuk penunjang kehidupan seperti tanah, air, udara..

  • Jelaskan apa Triple Bottom Line !

Triple Bottom Line adalah tiga pilar utama yang saling terkait dan dapat berjalan secara bersama – sama  untuk mendukung terwujudnya pembangunan berkelanjutan, tiga pilar tersebut adalah :

a)      Keseimbangan ekologi, artinya setiap pembangunan yang dilakukan harus selalu mengupayakan kelestarian dan keseimbangan lingkungan serta konservasi sumberdaya alam vital

b)      Ekonomi, artinya adalah pertumbuhan ekonomi ditujukan untuk kesejahteraan semua anggota masyarakat, dapat dicapai melalui teknologi inovatif yang berdampak minimum terhadap lingkungan.

c)       Sosial, politik, dan budaya, artinya pembangunan dilakukan berasaskan keadilan dan kesetaraan akses terhadap sumberdaya alam dan pelayanan publik, menghargai diversitas budaya dan kesetaraan jender.

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 7, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: